Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
 RAGAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

RAGAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

RAGAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Oleh: Sri Sugiastuti

Buku Ragam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah ini hadir karena keprihatinan para penulis dengan karakter anak zaman sekarang. Banyak terjadi kasus kenakalan remaja yang semakin memprihatinkan seperti: tawuran, bullying, narkoba, dan yang sangat memprihatinkan ketika nyawa seorang guru meregang di tangan siswanya sendiri.

Anak zaman sekarang mempunyai tantangan yang lebih berat di era teknologi yang berkembang sangat pesat. Anak-anak mempunyai kecenderungan menginginkan sesuatu yang serba instan. Dampaknya mereka cenderung egois, kurang tanggung jawab, dan tidak menghargai orang lain. Kondisi tersebut membutuhkan implementasi pendidikan karakter yang sesuai kebutuhan anak. Buku ini memuat contoh konkret penerapan nilai karakter yang menanamkan nilai religius, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kreativitas, dan cinta tanah air.

Penulis buku ini: Budi Setyo, Sri Sugiastuti, Isminatun, Insyavia Rahayu Setyowati, Titiek Maryuni, Purwaningsih dan Rini Sumiarsih. Berharap buku ini bisa menjadi acuan dan menambah wawasan para guru, orang tua , siswa, pemerhati pendidikan dan juga pengambil kebijakan dalam pendidikan.

Ini sebagian dari kutipan yang ada di buku Ragam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Tulisan yang membahas bagaimana seharusnya seorang guru menjadi teladan untuk siswanya.

Setyo Budi (2018 ) Berdasarkan pemberitaan mutakhir di berbagai media informasi, tentang banyaknya kasus kekerasan fisik maupun perilaku asusila yang dilakukan oleh oknum guru. Tragisnya kasus tersebut terjadi di lingkungan lembaga pendidikan dan korbannya adalah anak didik. Kasus korupsi kepala sekolah juga ikut menambah tercorengnya citra guru sebagai sosok model yang ditiru oleh anak didik. Kerusakan guru sebagai model dan pribadi tersebut membuat anak didik bingung dalam bercermin dan mengidentifikasi dirinya.

Selain kasus di atas, terdapat realita bahwa seorang guru yang mampu menjadi model bagi anak didiknya, adalah mereka yang memberikan/contoh gambaran seorang guru yang pantas menjadi sosok model. Di mana anak didik mampu mengidentifikasi dirinya sesuai model yang memang layak dan pantas. Seperti beberapa guru yang memberikan teladan kepada anak didiknya dengan menjadi petugas upacara, Pembina pramuka, ketua RT atau RW dan lain sebagainya.

Dalam buku ini saya akan membahas bagaimana guru menjadi model bagi anak didiknya, di sekolah. Agar tujuan menciptakan insan kamil dapat terwujud. Melalui seorang guru yang menjadi model, dapat mengantarkan anak didik memiliki akhlak yang luhur, spiritual yang kuat dan pengetahuan yang luas.

Lembaga pendidikan dan guru, dewasa ini dihadapkan pada tuntutan yang semakin berat. Terutama untuk mempersiapkan anak didik agar mampu menghadapi berbagai dinamika perubahan yang berkembang dengan sangat cepat. Perubahan yang terjadi tidak hanya berkaitan dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi juga menyentuh perubahan dan pergeseran aspek nilai dan moral dalam kehidupan masyarakat. Contoh, dekadensi moral dan karakter buruk yang ditunjukkan anak didik sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia pendidikan.

Masih banyak lagi fenomena yang terjadi saat ini dan yang harus segera dibenahi. Guru, orang tua dan masyarakat harus segera sadar untuk ikut terjun langsung memgupayakan agar karakter anak bangsa ke depannya semakin kokoh, tidaktergerus oleh zaman yang seba instan dan melenakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Insyaallah buku ini sangat besar manfaatnya untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak2 muda saat ini.

03 Jun
Balas

Aamiin YRA. Ini nulis bareng bersama guru-guru dalam TOT di Amanda Hills bulan April 2018

03 Jun

Buku yang wajib dimiliki oleh orang tua dan guru. Sangat bermanfaat untuk mewujutkan generasi dengan karakter yang kuat. Jazakillah khoir...bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

03 Jun
Balas

Alhamdulillah Bu Nana juga sdh memiliki ya. Salam Literasi..

03 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali