Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
    1.     Anak Punya Kesempatan Menjadi Bintang Besar di Angkasa

1. Anak Punya Kesempatan Menjadi Bintang Besar di Angkasa

1. Anak Punya Kesempatan Menjadi Bintang Besar di Angkasa

Oleh: Sri Sugiastuti

“Kita harus mendidik anak-anak kita untuk bermimpi dengan mata terbuka.”

(Harry Edwards)

Sejak anak dalam kandungan, setiap orang tua pasti berharap kelak anaknya akan bersinar kariernya bak bintang besar di angkasa yang sangat dirindukan kehadirannya oleh setiap orang di malam hari, memberikan cahaya yang menentramkan semua orang. Nah apa yang harus dilakukan oleh orang tua? Agar sang buah hati “cling” berubah melalui proses yang ditanamkan orangtua sejak dini.

Menurut para ahli kalau orang tua sudah ready maka tinggal memacu dan memompa semangat anak agar dia sukses meraih mimpinya. Menjadi orang yang memiliki karakter baik, dan sukses dunia akhirat. Bukankah itu tujuan kita mendampingi anak? Mengantarkan mereka melihat indahnya dunia dengan penuh warna-warni, mengajari mereka menjadi orang bijak, sehingga kaya hati dan tidak mudah putus asa.

ü Pentingnya Cita Cita

Sudahkah anda bertanya pada buah hati anda tentang cita cita mereka? Pernahkah anda mendengarkan mimpi anak? Ya. Anak juga punya mimpi, justru daya khayal anak cukup tinggi. Mimpi untuk jadi pilot, jadi proffesor, spiderman, atau apalah yang menjadi idolanya. Orangtua wajib mendengarkan dan merespon positif mimpi anak itu. Tugas orangtualah mewujudkan mimpi anak.

Cita cita dan mimpi beda tipis dan sangat mungkin dapat diwujudkan. Apakah hal itu akan datang begitu saja? Oh. Tidak! Semuanya perlu proses. Paling utama adalah meyakinkan anak bahwa cita-citanya atau mimpinya akan menjadi nyata bila ia mau berjuang meraihnya dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Perlu kerja sama yang baik antara orang tua, guru dan lingkungan untuk mengantarkan seorang anak pada mimpinya atau cita cita yang besar dan dahsyat. Orang tua jangan jemu untuk selalu memberi contoh tentang kehidupan orang-orang yang sukses dengan cita-citanya dan mimpi besarnya yang ada di langit. Mereka bisa meraihnya dengan usaha dan kerja keras yang pantang menyerah.

“ Adik kan mau jadi Bos seperti Om Anton tetangga kita itu, coba besok kalau Om Anton ke rumah ditanya bagaimana koq bisa jadi Bos, karena Om Anton waktu masih kecil itu rajin belajar dan patuh pada orangtuanya”

“ Mbak Alia suka jalan-jalan ya!. Lalu ingin ke Jepang kalau sudah besar melihat salju di musim dingin di Gunung Fujiyama? Semua itu bisa terlaksana bila Mbak Alia punya mimpi dan yakin bahwa mimpi itu jadi kenyataan bila dari sekarang sudah berniat dengan cara belajar dan belajar.”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Njih... bunda, kita harus bisa mendampingi mereka agar menjadi bintang besar itu. Jazakumullah khoir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bunda.

02 Aug
Balas

Aamiin YRA semoga dimudahkan Allah dalam mengantarkan buah hati menggapai bintang besar di langit

02 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali