Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
ADA APA DENGAN GELOMBANG DISRUPSI

ADA APA DENGAN GELOMBANG DISRUPSI

Ada Apa Dengan Gelombang Disrupsi

Oleh: Sri Sugiastuti

Banjir kecanggihan teknologi terus mendesak maju bahkan dunia kini memasuki era revolusi industri 4,0.Arus globalisasi disinyalir mampu mengubah konsep struktur dan kompetensi yang dibutuhkan dunia pekerjaan. Gelombang disrupsi pun muncul hampir bersamaan tak seorang pun bisa menolaknya.

Ada apa dengan gelombang disrupsi? Apakah ada pengaruhnya kepada guru? Tentu saja ada. Yang pasti, revolusi dan gelombang disrupsi mampu mengubah cara pandang pendidikan di Indonesia. Perubahan ini bukan sekadar pada cara mengajar, tetapi lebih pada konsep pendidikan itu sendiri yang lebih hakiki.

Bagaimana menyiapkan kualifikasi dan kompetensi guru yang berkualitas. Karena guru harus tidak sekadar melek teknologi. Mereka harus menguasai sepenuhnya hingga bisa menfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

Dunia pendidikan khusunya guru dituntut menjadi garda terdepan yang mengawal siswanya agar siap menghadapi gelombang disrupsi. Guru lebih proaktif dengan cara banyak membaca, baik buku informasi, jurnal, dan karya tulis ilmiah. Tujuannya adalah supaya tidak minim informasi. Pengembangan diri guru era disrupsi dan revolusi industri 4 harus selalu di-update jangan sampai terhenti.

Ada tiga hal yang menjadi tantangan guru masa kini. Pertama menyiapkan anak untuk bisa bekerja yang pekerjaannya saat ini belum ada. Kedua, menyiapkan anak untuk bisa menyelesaikan masalah yang masalahnya saat ini belum muncul. Dan yang ketiga dan menyiapkan anak untuk bisa menggunakan teknologi yang sekarang, teknologinya belum ditemukan. Ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Sebesar apapun dampak dari gelombang disrupsi, peran pendidik tidak bisa tergantikan. Karena peran pendidik yang tidak hanya meningkatkan kompetensi pendidik namun juga mengajarkan nilai-nilai yang sejalan dengan prinsip kemanusiaan. Tetapi terobosan harus tetap dijalankan oleh guru masa kini.

Upaya yang harus dilakukan salah satunya dengan peningkatan kompetensi guru menjadi hal yang mutlak dilakukan di samping peran untuk membumikan keilmuan. Ilmu bertujuan untuk memajukan harkat dan martabat manusia dan bukan sebaliknya pada era disrupsi dan revolusi industri 4,0.

Sekarang ini sekolah bukan hanya menjadi pendukung melainkan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi dengan semangat perubahan. Untuk itu sekolah perlu memainkan peran bagi perubahan dan inovasi inovasi sosial dalam era disruptif.

Sudahkah guru siap dan menyikapi dengan senang hati? Karena setiap hari guru mengajar dengan cara yang berbeda setidaknya ada 4 kualifikasi dan kompetensi guru yang dibutuhkan di era disrupsi dan revolusi industri 4,0 saat ini.

Pertama educational competence, yaitu kompetensi pendidik atau pembelajaran berbasis internet of thing sebagai basic skill. Kedua guru punya kompetensi membawa siswa memiliki sikap enterpreneurship dengan teknologi atas hasil karya inovasi siswa. Ketiga guru tidak Gagap terhadap berbagai budaya dan unggul memecahkan problem nasional. Keempat guru memiliki kompetensi memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa depan dan strategi yang akurat.

Sebesar apapun gelombang disrupsi, dan industri berulang berevolusi, guru tetap lah guru yang punya hati untuk membentuk akhlak yang baik sebagai modal hidup siswanya. Mari hadapi gelombang disrupsi dengan positif thinking.

Top of Form

1

Bottom of Form

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ulasan yang luar biasaaa...semoga guru bisa terus belajar agar tetap bisa berada di garda depan yang mengawal pendidikan ..salam sehat dan sukses Bunda Sri..

04 Dec
Balas

Alhamdulillah salam sehat dan sukses juga untuk Bu Marlupi

04 Dec

Wah... Luar biasa bunda tulisannya. Semoga semua guru bisa mempersiapkan dirinya menghadapi era revolusi 4.0

04 Dec
Balas

Inginnya seperti itu Bu..Semoga ya

05 Dec

Wah... Luar biasa bunda tulisannya. Semoga semua guru bisa mempersiapkan dirinya menghadapi era revolusi 4.0

04 Dec
Balas

Wah... Luar biasa bunda tulisannya. Semoga semua guru bisa mempersiapkan dirinya menghadapi era revolusi 4.0

04 Dec
Balas

Wow...saya tidak mampu berkata-kata Bunda Astuti.. Sebuah ulasan yang luar biasa.... Semoga selalu sehat dan menginspirasi.. Barakallah

04 Dec
Balas

Hasil membaca dan ingin berbagi. Bagaimanapun keadaannya guru adalah garda terdepan dan harus menjadi panutan. Itulah sebabnya harus terus belajar

04 Dec

Guru sebagai batu penjuru ilmu tak tergantikan meskipun perannya terbantu teknologi.Mksh,bun.Semangat pagi sebagai energi pendidik.Sehat dan berkah utk bunda Sri...

04 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih sudah singgah dan berbagi

04 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali