Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
Brain food dan Perkembangan Otak Anak

Brain food dan Perkembangan Otak Anak

Semua makhluk hidup yang diciptakan Allah pasti membutuhkan makanan untuk tumbuh kembangnya. Itulah sebabnya Allah ciptakan beraneka macam jenis makanan yang tersebar di muka bumi. Dengan semakin berkembangnya ilmu gizi dan adanya banyak penelitian tentang makanan maka sampai pada kesimpulan bahwa otak juga perlu makanan untuk perkembangannya.

Para ahli nutrisi menganjurkan, para orangtua sebaiknya memilih beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak mereka. Beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan otak di usia pertumbuhan, selain juga dapat memperbaiki fungsi, daya ingat serta konsentrasi.

Menurut Bethany Thayer, seorang pakar nutrisi dari Detroit yang juga jurubicara American Dietetic Association (ADA), otak adalah salah satu organ yang "sangat kelaparan". Otak adalah organ pertama dari tubuh yang menyerap nutrisi dari makanan yang kita santap sehari-hari.Untuk itulah, penting artinya memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak-anak. Upaya ini akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak mereka agar maksimal.

· Makanan dari produk susu mengandung kalsium dan vitamin B tinggi. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1(thiamin), B2(riboflavin), B12(cyanocobalamine) dll. Kandungan kalsium meningkatkan kemampuan belajar anak.Thiamin ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, telur, sayur dan buah-buahan. Berfungsi sebagai katalisator perubahan karbohidrat menjadi energi. Defisiensi /kekurangan berat thiamin menyebabkan gangguan saraf seperti Korsakoff's disease, ditandai gangguan memori berat seperti disorientasi dan halusinasi.Vitamin B12 terdapat pada daging dan telur, penting untuk membentuk sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dalam darah. Kekurangan B12 menyebabkan anemia yang menyebabkan hypoxia(kekurangan oksigen) pada jaringan. Hypoxia jaringan otak menyebabkan kerusakan jaringan yang berakibat gangguan “mood”, demensia dan psikosis. Susu adalah makanan utama bayi, anak dan baik diteruskan sampai manula. Biasakan sarapan pagi di rumah, siapkan makanan yang bermutu. Jika kita terbiasa sarapan pagi, akan menghilangkan kebiasaan jajan yang tidak sehat, meningkatkan konsentrasi di sekolah dan anak lebih energik.

Ayo berburu makanan yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah...biologi banget. Malu awak...ah. hehehe. Alhamdulillah, jazakillah khoir bunda sangat bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Jun
Balas

Bu Nana ini yang juiga harus diketahui oleh orang tua yang ingin anaknya sehat dan cerdas. Sekedar berbagi supa ada keberkahan untuk yang membutuhkan

04 Jun

Betul sekali bunda. Barakallah.

04 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali