Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
BUKBER DI MASJID JOGOKARIYAN

BUKBER DI MASJID JOGOKARIYAN

Yogyakarta, 13 Juni 2018. Hampir 3000 porsi nasi gule ayam lengkap dengan kerupuk,kurma dan stup nanas menjadi menu utama berbuka puasa bersama di masjid Jogokariyan Jogyakarta menjelang malam 29 Ramadan 1439 H.

Kegiatan ini berlangsung sejak awal Ramadan hingga hari ke 29. Kegiatan di masjid Jogokariyan selama Ramadan bukan hanya berbuka puasa bersama saja melainkan dalam bentuk memakmurkan masjid dengan sholat taraweh,itikaf dan ada istilah kampung Ramadan. Di sepanjang jalan Jogokariyan tiap hari selama bulan Ramadan di sore hari ramai dengan Anek jajanan baik yang tradisional seperti sate kere hingga makanan kekinian. Bakso bakar, burger, eskapal dan masih banyak lagi makanan yang aneh-aneh.

Semua pedagang yang rata-rata penduduk di sekitar masjid merasakan banyak keberkahan dengan adanya Kampung Ramadan. Yang digelar tiap bulan Ramadan. Ekonomi masyarakat di sekitar masjid memang dianjurkan untuk bisa berdagang sesuai dengan perintah Rasulullah yang mengatakan banyak rezeki yang bisa didapatkan dari Berniaga.

Dalam kegiatan buka bersama pengurus masjid sejak siang sudah memasak.bakda asar para ibu yang bertugas menata nasi gule ayam dkk.Pukul 17.00 jelang berbuka ada pengajian berupa tausiyah tentang kesehatan Sambil mendengarkan tausiyah mereka mengambil hidangan yang sudah tersedia. Saat itu terlihat jelas seluruh warga dan jamaah masjid membaur dengan shaf terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Tanda berbuka puasa sebelum azan terdengar sirine panjang lalu azan magrib berkumandang. Setelah membaca doa dilanjut menyantap hidangan yang ada. Selesai makan langsung shalat magrib berjamaah dengan giliran kloter 1 dan 2.ini dikarenakan padatnya jamaah shalat magrib.

Selesai sholat mereka pulang, sementara pengurus masjid yang bertugas membersihkan tempat dan peralatan lainnya.Karena sebentar lagi akan digunakan untuk shalat isya dan tarawih.

Bersambung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Menyenangkan sekali bisa ikut berbuka puasa di salah satu masjid kesohor di Jogja. Selamat Idul Fitri 1439 H, mohon maaf lahir-batin, Bu Sri.

14 Jun
Balas

Alhamdulillah berkah Ramadan. Di luar rencana. Orang Jawa bilang ngiras ngirus.. jemput anak dapat safari Ramadan ke masjid impian pun dapat.. Syahdunya bisa sholat subuh berjamaah pula dan bertilawah hingga matahari trontong trontong.. Maaf lahir batin Pak Edi,salam untuk keluarga.

14 Jun

Selamat bu. Bisa bersafari terus yaaaa

14 Jun
Balas

Alhamdulillah Bu, disyukuri saja..

14 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali