Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
CATATAN KETIKA MEMBUAT NOVEL

CATATAN KETIKA MEMBUAT NOVEL

CATATAN KETIKA MEMBUAT NOVEL

Selalu ada hasrat dan cinta untuk berbagi di Gurusiana. Semoga postingan di sore hari ini bermanfaaat dan bagi pemula yang ingi membuat novel punya gambaran bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan.

Karena saya juga masih belajar mungkin masih perlu dilengkapi. Seandainya di gurusiana ada novelis. ( Panggil Pak Edi Prasetyo dan Pak Edi Martani ) Yuk berbagi ilmu.

Ini catatan kecil yang saya miliki semoga menginspirasi.

Ide Dasar; Saya ingin menulis novel dewasa yang bertema Chatting. Terinspirasi adanya penipu cinta atau scammer yang banyak memakan korban tapi ada juga chatting yang bermanfaat di antara anak manusia yang beda benua hingga berjodoh.

Ide Lanjutan; Sebagai inspirasi saya mengembangkan pengalaman nara sumber yang terlibat langsung dengan scammer, saya melakukan berbagai riset dan chatting langsung, bekenalan di media social, mengajak berteman dengan para korban penipu cinta. Setting Surabaya, Kuala Lumpur, London, Amerika. Kebanyakan para scammer mengaku orang bule.

Ide Khusus; Scammer atau kejahatan di dunia maya yang mengatasnamakan cinta banyak memakan korban biasanya modus yang dilakukan berawal dari berkenalan di dunia maya dengan berchatting ria. Dari sisi lain, ada juga chatting yang bermanfaat dan menjadi persahabatan sejati bahkan lanjut ke pelaminan. Sehingga ide khususnya menjadi Chatting Nothing Or Something.Bisa dijadikan judul novel ini

Keunikan; Keunikan dari calon novel ini lebih dominan pada bahasa dialog yang dikutip langsung dari riset dan pengalaman dalam bahasa chatting. Sehingga banyak diwarnai dua bahasa Inggris dan Indonesia yang familiar dalam chatting.

Contoh Premis yang saya buat;

Flora seorang jurnalis yang cerdas, janda beranak satu terlibat persahabatan dengan seorang scammer yang bernama Robin. Flora menggunakan akun tantenya seorang guru SMP bernama Farida dan sudah meninggal dalam menjalin persahabatan itu. Nalurinya sudah tahu bahwa teman chattingnya adalah seorang penipu cinta. Robin gencar mencari cara agar Flora jatuh cinta padanya dan bisa ditipu. Pada akhirnya Flora bisa membuka kedok siapa Robin sebenarnya. Tokoh berikut adalah Dian sahabat Flora di tempat kerjanya yang juga suka chatting. Flora berkonspirasi dengan Dian nama sahabatnya itu untuk menggarap beberapa orang iseng di dunia maya. Hossam salah satu orang yang jadi target Flora untuk dibuka tabirnya siapa dia sebenarnya melalui Dian. Ternyata Dian dan Hossam melalui misi chatting itu saling jatuh cinta.Novel ini akan berakhir ditangan pembaca. Penulis tidak mengeksekusinya.

Bagaimana menurut Gurusianers? Silakan ya diberi masukan biar novel saya ini segera selesai.

Terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah, itu novel kelas tinggi, rumit, dan punya aneka konflik.Tak sembarang orang bisa membuatnya. Tentu akan sangat seru shg banyak yg suka membacanya.

06 Mar
Balas

Semoga Pak, ini tinggal 30 persen lagi.. tapi masih antri...

06 Mar

Wow Bu sudah keren banget

06 Mar
Balas

Masih perlu masukkan karena sifatnya universal segi nalar dan alur cerita harus nyambung

06 Mar

Jadi ingin belajar membuat novel Bunda ...

06 Mar
Balas

Ayo belajar.. saya juga belajarnya telat

06 Mar

Bnyk ilmu dr bunda.

06 Mar
Balas

Ayo dilahap biar jadi penulis handal, saya juga masih belajar

07 Mar

Novel yang sulit karena butuh referensi banyak. Lanjutkan bu

06 Mar
Balas

Perlu nafas panjang ini narsumnya yang punya komunitas orang-orang tertipunya jarang nongol di FB

07 Mar

Keren bgt bunda jd kepo selanjutnya gimana...

07 Mar
Balas

Sabarnya lagi gali ide biar endingnya keren. Cover sudah ready judulnya Unreal Lover Penipu Asmara

07 Mar

Keren bgt bunda jd kepo selanjutnya gimana...

07 Mar
Balas

Insyallah segera selesai novelnya

08 Mar

Wouw luar biasa bunda... Banyak penelitian pengamatan yg dilakukan...

07 Mar
Balas

Harus dan itu perlu nafas panjang

08 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali