Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
CATATAN LINIER VS  MIND MAPPING

CATATAN LINIER VS MIND MAPPING

Membaca jendela ilmu. Mungkin tulisan ini sudah out of date tapi saya kembali membacanya dan berbagi di Gurusiana. Ya, berbagi tentang mind mapping. Mungkin bisa jadi solusi dalam pembelajaran di kelas atau dalam kehidupan.. cie cie..

Untuk mengetahui keunggulan methode Mind Mapping, bisa dibandingkan bagaimana cara kerja Mind mapping yaitu Metode ini mempermudah memasukan informasi kedalam otak dan untuk kembali mengambil informasi dari dalam otak. Mind Mapping merupakan teknik yang paling baik dalam membantu proses berfikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak. (Prayudi: 2008) dan methode Mencatat yang kerap diterapkan di sekolah atau belajar di rumah.

Pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang memusatkan kegiatan belajar pada guru. Siswa hanya duduk, menengarkan dan menerima informasi. Cara penerimaan informasi akan kurang efektif karena tidak adanya proses penguatan daya ingat, walaupun ada proses penguatan yang berupa pembuatan catatan, siswa membuat catatan dalam bentuk catatan yang monoton dan linear.

Pembelajrana dengan Mind mapping merupakan bentuk catatan yang tidak monoton karena mind mapping memadukan fungsi kerja otak secara bersamaan dan saling berkaian satu sama lain. Sehngga akan terjadi keseimbangan kerja kedua belahan otak. Otak dapat menerima informasi berupa gambar, simbol, citra, musik dan lain lain yang berhubungan dengan fungsi kerja otak kanan.

Catatan linier;

· Hanya berupa tulisan-tulisan saja, yang ditulis dikertas bergaris.

· Hanya dalam satu warna, berupa tulisan yang kurang menarik

· Untuk mereview ulang memerlukan waktu yang lama

· Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih lama

· Statis dan monoton.

Mind mapping

· Berupa tulisan, symbol dan gambar

· Dibuat sangat menarik berwarna-warni

· Untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek

· Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih cepat dan efektif

· Membuat individu menjadi lebih kreatif.

Manfaat mind mapping

  • Lebih mudah mengingat-ingat. Sehingga Mempercepat pembelajaran, karena mampu memahami konsep yang sama dengan kerja otak ketika menerima pelajaran.
  • Membuat catatan dengan lebih baik. Dengan melihat koneksi antar topik yang satu dengan yang lain yang memiliki keterkaitan.
  • Memunculkan ide. Dari gambar atau peta pikiran yang dibuat maka akan membantu brainstorming, mengasah kemampuan otak untuk bekerja.Membantu ide serta gagasan yang mengalir karena tidak selalu ide dan gagasan dapat mudah direkam.
  • Menghemat waktu . Dengan melihat gambaran suatu gagasan secara luas dan besar, sehingga membantu otak bekerja secara maksimal dan berfikir besar terhadap suatu gagasan akan lebih cepat dan mudah.
  • Berkonsentrasi. Bermodalkan gambar yang dibuat, anak lebih mudh berkonsentrasi karena kedua otaknya, bagian kanan dan bagian kori bekerja seimbang.
  • Cara menyederhanakan struktur ide dan gagasan tersebut, menyebabkan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
  • Memudahkan untuk mengingat ide dan gagasan tersebut, menyebabkan menghadapi ujian dengan mudah.
  • Karena metode ini menyenangkan dan mudah maka akan meningkatkan daya kreatifitas dan inovatif.
  • Dengan membagi tulisan ini, ada sesuatu yang terpuaskan dari diri saya. Apa itu ya bahagia lah karena sudah berbagi. Semoga bermanfaat.
  • # EDISIPADATNYAGIATHARIINI
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantab bu, apalagi dalam pengajaran dibarengi dengan mind program sehingga perkembangan potensi dan kompetensi otaknya bisa dimaksimalkan lagi.

12 Apr
Balas

Bapak sharing disini tentang mind program biar saling melengkapi..

12 Apr

maturnuwun Bu Sugi

12 Apr
Balas

Sami-sami Ibu Surti Sampun purun mampir Salam kenal dan literasi

12 Apr

Maaf Ibu Surni

12 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali