Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
Hikmah Menolong dengan Ikhlas

Hikmah Menolong dengan Ikhlas

Hikmah Menolong dengan Ikhlas

oleh Sri Sugiastuti

Ini kisah nyata yang perlu ditiru dan sangat menginspirasi. Kisah yang saya dapat dari pengakuan si pelaku sebut saja Bu Desi, ketika mereka sekeluarga terdampar di bandara King Abdul Aziz karena delay tanpa ketentuan kapan mereka bisa kembali ke tanah air, setelah mereka melaksanakan ibadah umroh yang ikut biro perjalanan tidak resmi. Jadi hanya dititipkan saja.

Sejak mereka berangkat umrah memang dalam keadaan serba mendadak dan dalam keadaan keuangan yang sempit. Telat dan niat mereka tetap kuat. Sehingga dengan uang saku yang mepet, kalau harus delay lebih dari 12 jam solusi bagaimana.

Dalam ketidakpastian itu mereka terus berdoa. Sang Ibu dengan 3 anaknya yang sudah dewasa tetap berharap ada jalan keluar terbaik. Tiba-tiba Andri salah satu anak Bu Dewi berdiri dan melangkah menuju kursi roda yang sedang didorong oleh seorang nenek tua ke arah toilet laki-laki.

Tanpa pikir panjang dengan keterbatasan bahasa Inggris yang ia miliki, ia sampaikan bahwa itu toilet laki-laki, biar ia yang membantu kakek tua untuk ke toilet. Andri menolong si kakek hingga urusannya dgn hajat besar dan kecilnya selesai. Sang kakek sangat berterima kasih.

Andri kembali duduk bersama ibu dan saudara nya. Kepastian kapan pesawat yang mereka tumpangi datang dan kapan mereka kembali ke tanah air masih belum jelas. Tetapi masih ada jatah makan mereka 4 box nasi yang porsinya cukup besar.

Melihat kondisi si kakek dan nenek yang tadi dibantu ke toilet, Bu Dewi menyuruh Lidya anak putrinya berbagi. Maka dua nasi kotak itu pun berpindah tangan. Setelah itu mereka berempat memakan sisanya yang masih ada 2 kotak. Dinikmati nasi kotak sebagai penangkal rasa lapar, sekaligus menjadi kekuatan untuk bisa bertahan menunggu kepastian.

Nah dalam ketidakpastian itu, tiba-tiba ada seorang laki-laki yang menghampiri dan menanyakan persoalan yang dihadapi.Andri pun menjelaskan kesulitan yang mereka hadapi. Dengan sigap orang itu mendata identitas yang mereka miliki lalu pergi.

Tidak sampai satu jam, Bu Dewi dan tiga anaknya diminta untuk check in di tempat yang sudah ditunjukkan. Mereka merasa bersyukur pertolongan itu datang. Yang membuat mereka terkaget kaget ketika melihat seat yang mereka dapatkan dari pesawat Emirat itu adalah yang first class, ketika berangkat umrah padahal kursi mereka di klas ekonomi.

Setelah melalui pemeriksaan imigrasi dan sudah boarding mereka duduk di kursi first class dengan rasa syukur karena pertolongan Allah begitu cepat. Rasa was-was dan ketakutan bila harus delay tanpa batas waktu yang jelas bagaimana mengatasi sementara uang yang dimiliki baik cash atau tabungan sisa 200 ribu rupiah.

Di dalam pesawat yang membawa mereka ke Indonesia, Bu Dewi langsung meyakini semua ini balasan Allah dari keikhlasan keluarganya menolong orang yang tidak mereka kenal demi alasan kemanusiaan tanpa mengharapkan ganti atau pamrih apapun.

Hikmah dari kisah ini, kita diminta bisa memberikan pertolongan sekecil apa pun yang bisa kita berikan pada orang lain yang membutuhkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah. Allah maha kaya atas segala sesuatu. Tak akan dibiarkannya hamba yang ikhlas dalam kepapaan. Yakinlah keikhlasan akan berbayar berlipat di hadapan Allah. Terimasih Bunda Sri Sugiastuti atas ibrah yang luar biasa.

22 Nov
Balas

Alhamdulillah banyak kisah nyata yang bisa dijadikan ibrah dengan perantaraan pena dan niat yang ikhlas. SElamat beraktif

22 Nov

Subhanallah, keshalihan sosial bagian dari keimanan, yg merupakan penyempurna keimanan tersebut. Sukses selalu dan barakallah

22 Nov
Balas

Aamiin YRA Selamat dan semangat berkarya Bu Siti

22 Nov

Subhanallah..merinding saya Bun. Sungguh kebaikan itu tidak akan sia-sia...

22 Nov
Balas

Salah satu kekuatan keikhlasan.Mereka juga dalam kebingungan tapi masih sempat berbagi.

22 Nov

Semoga bisa meneladani hal yg baik,menolong dlm keikhlasan.Mksh,bun semangat paginya.

22 Nov
Balas

SElalu ada semangat untuk Bu Fila, janag lupa kalau ke Solo mampir ya

22 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali