Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
JADILAH PARENT READY

JADILAH PARENT READY

Menyiapkan generasi yang siap bersaing sejak sekarang hingga 20 tahun yang akan datang menjadi hal yang tak bisa ditawar lagi. Dalam perkembangan dan kemajuan dunia yang kian cepat orangtua dituntut terampil dan tahu perkembangan yang ada, sehingga mampu mendidik anak-anaknya menjadi generasi muda berkualitas. Bagaimana kita siap menjadi parent ready ( istilah yang dipakai untuk menyebut orangtua siaga) bagi anak anak kita.

Sangat penting bagi orangtua untuk mendapatkan pengetahuan yang baik dalam mendidik anak. Peran orangtua sangat mulia, sejak anak berusia dibawah lima tahun (golden age period) dan ketika mulai memasuki jenjang pendidikan dasar, karena periode tersebut adalah saat yang tepat menanamkan nilai-nilai agar anak menjadi anak yang life ready (anak siaga) di masa depannya. Pada prinsipnya, menurut Ratih Ibrahim, Psikolog, Direktur Personal Growth, Counseling & Development Centre, anak life-ready adalah anak yang memiliki kompetensi individual dan sosial.

Anak life ready umumnya akan mampu menerima diri dan yakin akan kemampuan dirinya, memiliki tujuan yang jelas dan fokus, tidak mudah menyerah, dan memiliki relasi yang baik dengan lingkungan. Sedang kompetensi individual yang dimaksud antara lain memiliki pertumbuhan fisik optimal, menunjukkan perkembangan kognitif yang signifikan, serta mengembangkan kecerdasan emosi dan interpersonal.

Ingin tahu dong, ciri anak life ready itu seperti apa sih? Adapun ciri anak life-ready antara lain sehat, berjiwa pemimpin, percaya diri, kreatif, dan mudah bergaul. Jiwa pemimpin anak dapat dilihat dari inisiatif mengambil keputusan-keputusan kecil, sedangkan rasa percaya diri tampak jika anak selalu tersenyum dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Sedangkan kreativitasnya dapat dilihat dari daya imajinasi dan hasil karya coretan tangannya. Selain itu, sikap mudah bergaul nampak dari keberaniannya bersosialisasi dan berkenalan dengan orang baru.

Sedang parents-readynya seperti apa? Orang tua yang memiliki ciri-ciri seperti ini menurut Ratih bisa dikatagorikan parents-ready. Ketika si orangtua menjadikan anaknya subjek penerapan dan pengasuhan yang benar, bisa berkomunikasi dengan baik. Kemudian orang tua itu memahami proses tumbuh kembangnya sang anak, dengan mengupayakan apa saja yang diperlukan anak. Mereka juga memantau dan memberikan pola asuh dengan kasih sayang. Orangtua itu bisa merespon kemajuan teknologi dan informasi, tidak gaptek internet, gadget, dan mengantisipasi pengaruh negatifnya dengan cepat.

Sebagai parents-ready, mereka mampu menyiapkan dan memilih sekolah yang tepat untuk anaknya, termasuk lingkungan belajar yang aman. Dan yang tidak kalah penting si parents-ready ini mampu mengelola keuangan rumah tangga dengan baik, mampu menjaga kesehatan fisik dan mental anak. Dan yang terakhir Orang tua ini mampu meyeimbangkan karier dan keluarga.

Seandainya punya masalah ketika menyiapkan anak life ready, orang tua dengan segera mendiskusikannya dengan para pakar. Baimana menurut Gurusianers?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siaaap...bundaku. Jazakillah khoir...sangat bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

30 Apr
Balas

Super sekali bunda,, semoga kita dapat menjadi parent ready. Salam kenal bun ^_^

30 Apr
Balas

Salam kenal juga.terima kasih sudah singgah Mari saling menyemangati..

30 Apr

Super sekali bunda,, semoga kita dapat menjadi parent ready. Salam kenal bun ^_^

30 Apr
Balas

Bermanfaat bunda untuk saya yang sedang belajar menjadi orang tua

30 Apr
Balas

Alhamdulillah ibu semoga bisa mengantar buah hati sampai ke jenjang s ukses dunia akhirat

30 Apr

Luar biasa... Sy sudah berusaha menyiapkan anak-anak sy hidup mandiri Bunda. Sy tak pernah menuntut mereka jadi juara di sekolah. Mereka mampu mandiri dan dpt mengatasi segala masalah saja sy sudah bangga. Semoga

30 Apr
Balas

Sudah selayaknya seperti itu..beri juga contoh yg baik dan tidak baik agar mereka paham dan bisa memilih

30 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali