Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
KEUTAMAAN DOA KELUAR RUMAH

KEUTAMAAN DOA KELUAR RUMAH

Assalamualaikum Gurusianers, postingan saya kali ini sebagai catatan dan dakwah saya tentang hadist yang berkaitan dengan doa. Menurut saya ini penting untuk siapa saja yang mengaku Islam dan ingin mengamalkan sekaligus mengajarkan pada anak cucu kita.

Dalam tulisan kali ini sengaja saya memilih doa keluar rumah yang harus kita ucapkan, diamalkan setiap keluar rumah, diajarkan kepada anak cucu dengan memahami keutamaan dari doa keluar rumah ini. Mari kita simak hadis dan keterangannya:

"Keutamaan Doa Keluar Rumah"

عن أناس بن مالك رضى الله عنه قال: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:
إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ” قَالَ: « يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ. فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ
(رواه الترمذي)

Dari Anas bin Malik radhi Allooh 'anni bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?” (Hr At-Tarmizi)j

Setelah kita hayati dan pelajari hadist tersebut, ternyata ada beberapa keutamaan juga alasan yang kuat berupa pelajaran dari hadist tersebut. Silahkan disimak baik-baik kutipan berikut ini:

1- Keutamaan orang yang mengucapkan zikir ini ketika keluar rumah, dan bahwa ini merupakan sebab dia diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga oleh Allah Ta’ala. Maksudnya kita meyakini dulu ucapan zikir atau doa sebelum keluar rumah bahwa kita akan dijaga, diberi petunjuk sehingga terhindar dari bahaya.

2– Keutamaan yang disebutkan dalam hadits ini akan diberikan kepada orang yang mengucapkan zikir ini dengan benar-benar merealisasikan konsekwensinya, yaitu berserah diri dan bersandar sepenuhnya kepada Allah Ta’ala.D

3– Syaitan tidak memiliki kemampuan untuk mencelakakan orang-orang yang benar-benar beriman dan bersandar sepenuhnya kepada Allah Ta’ala.

Dengan mengetahui keutamaan dari mengamalkan doa ini ketika keluar rumah, maka tidak ada keraguan lagi bahwa kita selalu bersamaNya. Tidak akan bersedih melainkan merasa optimis dengan apa yang kita jalani dan terhindar dari gangguan syaetan.

Di atas tadi dijelaskan berdasarkan hadistnya. Sedangkan dalam AlQuran juga ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang doa tersebut. Yaitu :

1- Kekuatan Orang-orang yang beriman dengan benar.

إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ * إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ

“Sesungguhnya syaitan itu tidak memiliki kekuasaan (untuk mencelakakan) orang-orang yang beriman dan bertawakkal (berserah diri) kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan syaitan hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah” (QS an-Nahl: 99-100).

2– Bertawakal (berserah diri dan bersandar sepenuhnya) kepada Allah Ta’ala merupakan sebab utama untuk mendapatkan petunjuk dan perlindungan Allah dalam semua urusan manusia. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya” (QS ath-Thalaaq: 3).

Itu lah dua ayat ysng menjadi alasan betapa pentingnya kita berdoa sebelum keluar rumah. Semoga tulisan ini bisa menambbah keimanan dan secara istiqomah mrngamalkan doa tersebut sebelum keluar rumah.

doa
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih bunda atas pencerahannya ....sederhana tapi kita sering lupa

14 Feb
Balas

Begitu lah manusia yang punya sifat pelupa. Pembiasaan sejak kecil itu yang penting

14 Feb

Terima kasih Bunda, diingatkan kembali ....

14 Feb
Balas

Terutama mengingatkan diri saya sendiri dannberbagi

14 Feb

Terima kasih sekali atas tauziahnya, Bu Sri. Bermanfaat sekali.

14 Feb
Balas

Alhamdulillah Pak, berbagi dan berbagi

14 Feb

Alhamdulillah Pak, berbagi dan berbagi

14 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali