Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
MEDIDIK DENGAN HATI

MEDIDIK DENGAN HATI

Perjuangan seorang ibu belum selesai bila ia tidak mengajarkan anaknya bersikap lemah lembut, menghormati orangtua, dan berbakti kepada orangtua. Anak harus dipahamkan bagaimana kelak ia bersikap kepada kedua orangtuanya. Bersikap sesuai dengan yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Anak harus mengerti keutamaan berprilaku hormat kepada orangtua. Bagaimana ia berprilaku hormat (berbakti) kepada orang tuanya, diantaranya : Amal yang paling utama dan sangat di cintai oleh Allah adalah berbakti kepada orang tua, sholat tepat pada waktunya dan berjihad di jalan agama Allah SWT. Untuk meraih itu semua orangtua harus bisa mendidik dengan hati, penuh kasih sayang dan lemah lembut.

Hal tersebut di atas sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, bahwa pada suatu ketika salah seorang sahabat Nabi bernama Abdullah bin Mas’ud mengajukan pertanyaan kepada Nabi Muhammad SAW;

”Wahai Rasulullah, amal perbuatan apakah yang paling utama di cintai Allah ? Beliau menjawab: ”Shalat tepat pada waktunya. Abdillah bertanya lagi, Kemudian apa lagi, ya Rasulullah ?” Rasulullah menjawab, Berbakti kepada orang tua”. Abdillah bertanya lagi; “Selanjutnya apa, wahai Rasulullah? Dan Beliau menjawab:”Berjihad di jalan Allah”.

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda : “Bertakwalah kepada Allah, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, berhajilah ke baitulah dan berumrah, berbaktilah kepada kedua orang tua, muliakanlah tamu, tegakkanlah amal ma`ruf dan cegahlah kemunkaran Dalam riwayat lain Nabi SAW bersabda : Janganlah engkau menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun dan berbaktilah kepada orang tuamu, janganlah kamu bersuara keras dihadapannya”.

Jangan lupa anak juga harus tahu keutamaan berbakti kepada orang tua, Ini sebagai modal kesuksesannya di dunia dan di akhirat diantaranya;

· Berbakti dan berlaku hormat kepada orang tua dapat melebur dosa-dosa besar, hal ini sesuai dengan kisah Ibnu Abbas yang diceritakan kepada Atha’ bin Yasar.

· Berbakti dan hormat kepada orang tua dapat memberikan keberkahan hidup. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Anas bin Malik RA : ”Barang siapa yang berbakti kepada orang tuanya, maka ia akan memperoleh kebahagian, panjang umur dan senantiasa mendapat berkah dari Allah SWT”.

· Berbakti dan hormat kepada orang tua menyebabkan mendapat telaganya Nabi Muhammad SAW di syurga. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Imam Hakim dari Abu Hurairah. “.....berbaktilah kepada orang tuamu, tentu kelak anak-anakmu akan berbakti kepadamu.........apabila kamu melaksanakan hal itu, niscaya ia akan mendatangi telagaku (Nabi) di syurga”

· Berbakti dan hormat kepada orang tua menyebabkan seseorang mendapat kedudukan dan derajat yang tinggi di syurga. Hal ini diriwayatkan oleh Imam Nasa’i dari Aisyah RA.

· Berbakti dan hormat kepada orang tua akan menyebabkan masuk syurga.

Hasil yang akan diterima oleh anak bila hormat dan berbakti pada orangtua ia akan memperoleh keberkahan hidup, kebahagiaan lahir batin dan menjadi orang yang beruntung. Hidupnya sangatlah tergantung bagaimana ia berprilaku terhadap orangtuanya. Semakin tinggi rasa hormat, bakti dan taat maka keberkahan hidup semakin luas menyertainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah... Terimakaaih bunda, tausiahnya

11 Feb
Balas

Berbagi di ahad ceria Ayo olahraga dulu

11 Feb

Tausiyah yang bermanfaat, nasehat yang indah, Bunda. Terimakasih berbagi ilmunya ... Buat bekal untuk disampaikan kepada sahabat dan teman.

11 Feb
Balas

Alhamdulillah indahnya berbagi

11 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali