Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya

MENANGKAP IDE MENULIS

Menangkap Ide Menulis.

Oleh: Sri Sugiastuti

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa menu masakan nusantara sangat menggoda. Orang yang kreatif tidak akan kehabisan ide untuk mengolah aneka masakan Nusantara. Ada aneka buku resep masakan yang bisa diintip. Baru di Jawa saja aneka masakan begitu banyak macamnya. Tidak heran bila buku resep masakan Nusantara laris manis, bahkan ada yang dicetak berulang- ulang tetap saja banyak diminati.

Siapa yang tak mengenal Sri Owen, seorang penulis buku resep masakan yang sudah gaek. Ia menulis buku resep masakan sejak tahun 1976. Awalnya ia tidak suka masak tapi lebih gemar mencatat resep masakan yang didapat dari neneknya.

Sri Owen sampai saat ini sudah menulis buku resep masakan dalam bahasa Inggris sebanyak 15 buku. Juni 2017 ia mendapat penghargaan Lifetime achievement award pada Guild of Food Writer Awards di London. Ini merupakan prestasi yang luar biasa bukti dari kecintaan nya di dunia masak memasak.

Semua ini berawal dari hobi mencatat resep masakan neneknya, dan terpaksa mempraktekkan apa yang dicatat. Ia berjodoh dengan pemuda Inggris ketika sedang kuliah di Jogyakarta. Dan dari Jogyakarta ,ia pindah ke Inggris. Bekerja di perpustakaan ikut andil eksisnya ia dalam menulis buku resep.

Ia sangat piawai dalam membuat buku resep berbahasa Inggris. Bukunya laris manis, karena dalam bukunya tidak saja melulu tentang tata cara dan bahan membuat masakan, tapi juga dikenalkan asal muasal masakan itu. Bagaimana masakan Indonesia dipengaruhi oleh cita rasa masakan dari China, India, Belanda dan juga Jepang.

Kecintaannya dengan aneka masakan bisa terus menghasilkan buku. Ia akhirnya fokus juga menulis resep masakan Asia dan Indonesia. Ia rela keliling Indonesia dari kampung ke kampung untuk mendapatkan resep tradisional di suatu daerah.

Kadang ia juga tidak sungkan untuk bertanya pada koki di restoran yang terkenal dan diakui Masyarakat kelezatan nya. Ia masuk ke dapur dan melihat proses memasaknya, sehingga ia tahu persis bagaimana harus menuliskannya.

Kemahirannya membuat buku resep menakdirkannya sebagai guru memasak. Ia sering memberi tutorial kepada anak muda yang tertarik dengan dunia masak memasak. Ia sangat bangga bila ada anak muda yang tertarik untuk belajar memasak. Ia baik dalam bukunya maupun dalam praktek tidak pelit berbagi ilmu.

Semoga tulisan singkat ini bisa memotivasi untuk menangkap ide-ide yang ada. Ide itu bisa dikemas jadi naskah buku yang unik. Tidak ada usaha yang sia-sia bila dilandasi oleh niat yang baik dan ingin berbagi.

Mau nulis lezatnya pecel Blitar koq jadi menemukan tokoh penulis buku resep masakan yang super duper..Ini jadi santapan Literasi yang kriuk

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap

11 Oct
Balas

Semantap hayiku padamu ya

16 Oct

Jazakumullah khoiron katsiro, bunda selalu penuh dengan ide-ide yang cetar membahana. Jadi kebuka deh, pikiran ini untuk menangkap ide menulis. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

11 Oct
Balas

Aamiin YRA Mencetarkan diri sendiri

16 Oct

Keren bu, apapun yg ditulis insyaallah bermanfaat. Barakallah

11 Oct
Balas

Aamiin YRA

16 Oct

Jadi laper Bun....Barakallah Bunda Astuti...

11 Oct
Balas

Ayo BU Rini makan dulu

16 Oct

Sudut pandang yang renyah, buk

11 Oct
Balas

Mgajak ngobrol ya Pak Salam Literasi

16 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali