Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
MENDONGKRAK OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

MENDONGKRAK OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

Mendongkrak otak kanan dan otak kiri.

“Seorang anak yang dididik dengan salah adalah anak yang tersesat.”

John F. Kennedy

Dalam mencerdaskan anak sebaiknya orangtua memahami bagian tubuh yang sangat penting dan berhubungan langsung dengan kecerdasan anak. Bagian tubuh itu adalah otak. Jadi orangtua dalam usahanya mencetak anak bermental juara diharapkan paham dulu dengan cara kerja otak. Otak yang mengendalikan semua gerak dan pikiran manusia.

Sebelum mendongkrak si otak kanan dan kiri dari anak, telaah yuk manfaat balahan otak kiri dan kanan itu. Sama-sama letaknya di kepala, ternyata belahan sebelah kanan, dan sebelah kiri punya perbedaan yang mencolok kalau ditijau dari fungsi dan manfaatnya. Kok bisa? Itulah hebatnya Allah yang menciptakan manusia dari mulai ujung rambut sampai ujung kakai ciptaan-Nya itu pasti berguna.

Otak kanan manusia mengendalikan aktivitas yang bersifat berfikir divergen (meluas), imajinasi, ide-ide, kretivitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, dan simultan. Orang yang dominan otak kanan biasanya punya daya ingat visual yang sangat baik, namun karena itu secara alami mengurangi kemampuan untuk tugas-tugas logis yang kadang dianggap sepele oleh sebagian orang, terutama menyangkut bahasa. Mereka cenderung punya keterlambatan dalam hal berbicara dibandingkan dengan anak-anak seusia mereka. Orang yang cenderung otak kanan unggul dalam dunia gambar, namun kurang bagus dalam dunia kata-kata. Anak yang otak kanannya dominan cenderung akan sulit belajar membaca dan mengeja kata secara konvensional seperti yg diajarkan di sekolah, karena mereka melihat kata sebagai satu kesatuan gambar, bukan rangkaian huruf seperti yg lazimnya anak yg dianggap lebih "normal".

Ciri anak yang dominan menggunakan otak kanannya, sering melamun dan memandangi awan-awan di langit, lebih suka mengarang daripada belajar, dan sering disuruh pulang dengan cap ketidakdisiplinan dan bodoh. Sementara orang yang dominan otak kanan akan mengisi bidang kreatif seperti pencipta, penemu, pemusik.

Fungsi otak kiri yang paling utama adalah mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sistematis, dan matematis. Otak kanan mengendalikan aktivitas yang bersifat berfikir divergen (meluas), imajinasi, ide-ide, kretivitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, dan simultan. Otak kiri manusia lebih aktif bekerja. Orang yang dominan otak kiri biasanya sukses di ruang kelas yang melibatkan banyak “mendengar”. Mereka senang membicarakan dan menuliskan segalanya. Mereka lebih mudah memahami aturan mengeja, tata bahasa, dan tanda baca. Orang yg menggunakan otak kiri cenderung sangat baik dalam situasi ujian yang ditentukan batas waktunya dan dalam memecahkan masalah yg melibatkan logika berurutan. Mereka lebih suka proyek kelompok daripada bekerja sendirian.Orang-orang yang dominan otak kiri rata-rata sukses di bidang akademis, yang menuntut jawaban ujian akademik yang sistematis, teratur, dan sesuai buku literatur.

Ciri-ciri anak yang dominan menggunakan otak kirinya, mudah mengingat nama-nama, pandai berhitung dan bekerja secara teratur dan rapi. Dominan otak kiri ini kelak dalam kehidupan akan mengisi pekerjaan administratif dan repetatif (bersifat mengulang dan monoton setiap harinya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sebaiknya seimbang, ya Bu?

04 Feb
Balas

Iya Pak, biar ngga jomplang

04 Feb

Terimakasih bu sangat bermanfaat bagi orang tua bu

04 Feb
Balas

Sama, hatur nuhun

04 Feb

Ya, seharusnya artikel-artikel semacam ini seharusnya yang memnuhi gurusiana biar jadi berbobot dan sekaligus mencerminkan kualitas sosok guru yang profesional.

04 Feb
Balas

Rumah besar gurusiana bisa jadi tempat untuk berbagi Pak Masing 2 punya potensial tersendiri Terima kasih untuk apresiasinya

04 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali