Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
NIKMATNYA MEMANFAATKAN KARTU BPJS

NIKMATNYA MEMANFAATKAN KARTU BPJS

Baru saja melipat mukena, usai sholat subuh suara Bu Kanjeng menggema.

" Tolong ambilkan nomer antrian di RS ya Pak! Nanti agak siang selesai finger print baru daftar."

" Siap ndoro putri, tapi aku sarapan dulu ya!" Jawab Pak Kanjeng yang selalu merasa lapar usai pulang dari masjid.

" Iya beres, tinggal pilih mau bubur lemu,nasi tumpang atau soto," ucap Bu Kanjeng sambil memasukkan abragnya untuk mengajar hari ini.

Sebenarnya Bu Kanjeng malas ke RS hanya sekedar kontrol bertemu Bu dokter dengan keluhan dan obat yang sama, hasil lab juga warning. Tapi ketika 6 bulan tidak kontrol hasil nya buruk. Tetap saja yang namanya waspada penting apalagi di usia lansia dengan mobilitas tinggi, masih banyak maunya.

Ke RS bermodal BPJS itu harus ngantongin sabar yang super. Bu Kanjeng sengaja memilih RSn yang dekat dari rumah juga dari sekolah.Jadi jangan heran bila untuk sekali kontrol ketemu dokter harus bolak balik. Diawali Pak Kanjeng ambil nomer antrian, lalu daftar, sel daftar meluncur keruang lab ambil nomer antrian lagi karena jam untuk ambil darah masih kurang.

Lanjut meluncur ke SMK negeri untuk finger print, pukul 6.40 sudah duduk manis di sekolah.Tes baru mulai pukul 8.00. Alhamdulillah aman terkendali. waktu bergulir pukul 09.00 saatnya balik ke RS untuk ambil darah.karena BPJS tidak boleh ambil lebih dari 2 yang dicek.Jadii cukup gula puasa dan trigliserida. Hasil lab baru muncul pukul 11.00. Bu Kanjeng harus daftar ulang supaya disiapkan berkas dan administrasi lainnya. Selesai dapat berkas, balik lagi ke sekolah.

Karena di sekolah hari ini tes PAT hari ke-2 dan Bu Kanjeng sebagai koordinator pengawas.Boleh lah memanfaatkan waktu yang ada jam 11.15 meluncur lagi ke RS Brayat. Waktu nya ambil hasil lab, menyerahkan ke petugas sekaligus cek tensi rekanan darah tinggi. Hasil lab tuk trigliserida 135 sedang batas normal 150, untuk gula darah puasa terdeteksi masih di atas normal. Tertulis 123 seharusnya 100..Nomer antrian Bu Kanjeng 1 digit yaitu 6. Dokter baru mulai 11.30. Artinya harus menunggu beberapa nomer lagi.

Sepertinya dokter puas dengan hasil lab, dan tetap memberikan obat untuk 1 bulan jg embel2 kalau tgl 14 bulan depan beliau cuti. Bu Kanjeng sudah yakin kalau ia harus apel lagi bulan depan.Nomer antrian untuk jadwal bulan depan pun sudah dipegangnya. Dokter pun memberi resep obat untuk jatah satu bulan. Ini terbayang bajunya obat yang akan bersarang di lambung ini.

Bu Kanjeng ke luar dari kamar periksa daeng wajah sumringah.."aman." Tak perlu ada yang dikhawatirkan. Masih ada dua ritual lagi dalam! Rangka kontrol yaitu.ambil nomer antrian obat dan a!bila obatnya juga. Bu Kanjeng menyiasati mengambilnya nanti saja bada isya. Karena kalau antri akan buang waktu. Begitu lah rangkaian ritual pengguna BPJS di RS Brayat Minulyo.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bunda Sri sakit apa? Kalau gula darahnya tinggi, makan apel malang aja, bunda. Atau minum rebusan daun kelor.

15 May
Balas

Sdh minum teh daun kelor Warning punya keturunan DM dari Ibunda

15 May

Hasil.lab aman terkendali kan? Alhamdulillah

15 May
Balas

Iya Bu Dengan catatan pola makan harus dijaga

15 May

BPJS menguntungkan tapi antrinya panjang dan lama..semoga bunda sehat selalu

15 May
Balas

Iya..harus rajin kontrol walaupun keluhannya sepele. Pernah 7 bulan tdk kontrol ya..jd plus plus

15 May

Sehat selalu bunda, semoga melalui penggunaan BPJS bisa melatih kesabaran dan melahirkan strategi untuk mendapatkaj nomor antrian kecil

15 May
Balas

Iya perlu pengamatan dan pintar pintar ngatur. Bisa jenuh kalau menunggu. Alhamdulillah sambil nunggu dapat satu artikel

15 May

Semoga sehat selalu Bunda...

15 May
Balas

Ibu Tuti, semoga sehat selalu njih.

26 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali