Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
NILAI KARAKTER DAN PRINSIP HAM

NILAI KARAKTER DAN PRINSIP HAM

Menurut Zaenal Aqib 2011 bahwa nilai-nilai karakter dapat dikaji dari nilai agama, norma social, peraturan atau hukum, etika akademis dan prinsip-prinsip HAM, dikelompokkan menjadi lima yaitu:

· Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan. Bersifat religius. Pikiran, perkataan dan parbuatan atau tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasrkan pada nilai-nilai ketuhanan atau ajaran agamanya.

· Nilai karakter yang berhubungan dengan dirinya sendiri. Meliputi;

1. Jujur. Prilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,tindakan dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

2. Bertanggung jawab. Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, (alam, social, dan budaya), Negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

3. Bergaya hidup sehat. Menerapkan kebiasaan yang baik dan mengupayakan hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit.

4. Disiplin. Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuhpada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja keras. Perilaku yang secara sungguh-sungguh berupaya mengatasi berbagai hambatan atau mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

6. Percaya diri. Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan segala keinginan dan harapannya.

7. Berjiwa wirausaha. Memiliki sikap dan prilaku yang mandiridan pandai atau berbakat mengenali produk baru, memasarkan dan mengatur permodalan usahanya dengan baik.

8. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif. Berpilir sesuatu berdasarkan kenyataan atau logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari apa yang telah dimiliki.

9. Mandiri. Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung paa orang lain dalam menyelesaikan tugas.

10. Ingin tahu. Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya dan dilihatdan didengar.

Seandainya sejak awal penanaman karekter sudah diterapakan, dalam hitungan 10 tahun ke depan akan dilihat hasilnya

Mencintai ilmu. Juga cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan jadi ,modal utama dari pembentukan karakternya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hebat Bu. Pemerhati karakter ya.

12 Feb
Balas

Ini bagian dari naskah saya dengan tema budi pekerti ysng sekarsng sudah luntur

12 Feb

Setuju bu....

12 Feb
Balas

Ya memang harus ditanamkan sejak dini .baik di keluarga maupun di sekolah

12 Feb

Mantap bu. Pendidikan karakter harus dilaksanakan secara kontinyu dan sistemik..

12 Feb
Balas

Mari..bersinergi Terima kasih sudah berkunjung

12 Feb

mudah-mudah saya tergolonng dalam 10 karakter tersebut bu, terimakasih atas ilmunya

12 Feb
Balas

Sama sama..ya bu. Terima kasih juga sdh singgah

12 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali