Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
NOVELIS ITU TELAH PERGI

NOVELIS ITU TELAH PERGI

Novelis Itu Telah Pergi

Oleh: Sri Sugiastuti

Siapa yang tidak mengenal Novelis terkenal di Indonesia sekaligus sastrawan dengan karyanya yang maha besar? Beliau adalah Nh Dini, yang nama aslinya Nurhayati Sri Hardini. Beliau meninggal pada tanggal 4 Desember 2018. di usia 82 tahun.

Penyebab kepergiannya kecelakaan di jalan tol Tembalang. Saat itu taksi yang ditumpanginya tertabrak Truk bermuatan bawang. Beliau sempat dibawa ke RS Elisabeth tapi beberapa jam berselang ia menghembuskan napas terakhirnya.

Indonesia kehilangan novelis sekaligus sastrawan hebat, pionir dari gerakan literasi. Beliau banyak mendapatkan penghargaan salah satunya adalah lifetime Achievement Award UWRF tahun 2017.

Novelnya identik dengan berkisah perselingkuhan diantaranya La Barka, Istri Konsul dan Pada Sebuah Kapal.Karya lain yang bertema sosial adalah Orang-orang Trans, Tanah Baru dan Tanah Air Kedua.

Nh Dini pernah menikah dengan orang Prancis Yves Coffin dan dikaruniai dua anak Marie Claire Lintang Coffine dan Pierre Louis Padang Coffin.
Pernikahan nya berakhir pada tahun 1984 dan Tahun 1985 ia mendapatkan kembali kewarganegaraan RI tahun 1985. Lalu pindah ke Semarang dan membuat pondok baca di Sekayu Semarang.

Selamat jalan sang novelis, karyamu akan menjadi bagian dari warisan penikmat novel sekaligus sebagai ukiran sejarah hidupmu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kemarin sore ya Bund..? Semoga diterima di sisi-Nya...sehat dan sukses untuk Bunda Sri

05 Dec
Balas

Iiya .Kita kehilangan sosok pegiat literasi. Usianya sampai 82 tahun termasuk panjang umur

05 Dec

Semoga khusnul khotimah..., salam kenal bun.. dewi dr surabaya

05 Dec
Balas

Bu Dewi saalam kenal juga terima kasih sudah singgah

07 Dec

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..Semoga khusnul khotimah..Seorang penulis yang hebat...

05 Dec
Balas

Kita bisa belajar dari jejak warisannya berupa buku sastra dan semangat literasinya

07 Dec

Semoga khusnul khotimah. Nh.Dini Pada Sebuah Kapal...novel waktu sekolah menengah dulu. Sehat selalu bunda Sri dan keluarga...

05 Dec
Balas

Tercurah doa yang sama untuk Bu Fila di Cilacap Saya bisa minta nomer kontaknya?

07 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali