Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
PROFIL ACHMAD ZAKY WONG SRAGEN DENGAN BUKALAPAKNYA

PROFIL ACHMAD ZAKY WONG SRAGEN DENGAN BUKALAPAKNYA

Hare gini masih ada ngga yang ngga kenal sama BukaLapak?” Menjamurnya E-Commere membuat kita semain jeli melihat peluang yang ada untuk memanfaatkannya. Boleh dong saya berbagi tentang profil yang satu ini. Hmm dia adalah Achad Zaky pendiri sekaligus CEO dari BukaLapak.com

Jujur saya harus mengatakan sangat beruntung dan bersyukur bisa ikutan di acara d’Youthizen garapan detikcom di Solo Paragon sudah agak lama sih. Solo sebagai kota pertama yang digarap detikcom bisa menghadirkan kaula muda dan nitizen yang melek IT mengikuti acara tersebut, dengan menghadirkan nara sumber keren dan berkelas nasional.

Salah satu peserta sempat bisik-bisik pada saya ” Jarang loh di Solo diadakan event seperti ini dengan pembicara tingkat nasional” I think so.. Nah itulah alasan saya berbagi pengetahuan yang saya dapat di event d’Youthizen detikcom. Salah satu kiprah dan profil dari pembicara di d’Youthizen akan saya bagikan pada pembaca. Sosok tersebut adalah Achmad Zaky wong Sragen yang sukses dengan BukaLapaknya.

Siapa sih Acmad Zaky ? Ia adalah wong Sragen. Karena lahir di Sragen Jawa Tengah tanggal 24 Agustus 1986. Ia pendiri BukaLapak, sebuah perusahaan E-Commerce Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan UKM (usaha Kecil Menengah). Kalu saya ngga ikutan di acara detik.com d’Youthizen saya ngga bakal mengenal sosok ini. Pada sosok anak muda ini ruar biasa.

Pendidikana dan awal karirnya

Ia lulusan SMAN 1 Solo, Termasuk siswa yang cerdas dan beruntung karena mewakili sekolahnya di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang computer dan menang hingga tingkat nasional Ini juga berkat Pamannya yang pada tahun 1997 membelikannya computer dan juga buku-buku tentang computer sehingga ia tertarik dengan dunia IT.

Hmmm, ngga heran kalau dia sukses di BukaLapak karena selesai SMA ia melanjutkan pendidikannya di ITB tahun 2004 ambil jurusan Teknik Informatika. IPnya di semester satu sempat sempurna, 4,00.

Semasa kuliah dia aktif berorganisasi dan mendirikan Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Ia pun aktif di Amateur Radio Club (ARC) ITB.. Ngga heran juga kalau pada akhirnya ia ikut ajang lomba dan sering menjuarai beberapa kompetisi tingkat nasional, Salah satunya adalah juara II pada Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman banyak kiprahnya yang selalu menginspirasi. Saking semangatnya berwirausaha malah dia sempat bangkrut ketika mencoba usaha kuliner mie ayam. Tapi dari kebangkrutan itulah ia bangkiit dan mendirikan E-commerce dengan nama BukaLapak nama yang penuh filosofi karena merangkul UKM yang ada di Jawa Khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Kerja keras dan inovasinya dalam memudahkan orang atau pelaku bisnis menjual dan membeli barang mendapat reward yang luar biasa. BukaLapak yang berdiri tahun 2011 terus berkembang dan dianggap sebagai pembisnis yang paling maju pesat di asia Tenggara. Maka pada 21 Juli 2016 ia menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Di Jambi. Kehormatan itu merupakanpenghargaan Negara atas jasa dan baktinya pada Negara sehingga bisa jadi teladan bagi orang lain.

Menurut ComScore dilihat berdasarkan unique visitors, BukaLapak terus berkembang dan lebih dari 150 ribu Pelapak (sebutan UKM yang menjual produk di Bukalapak) yang telah bergabung di dalamnya, Bukalapak berhasil mengumpulkan kelompok penjual terbesar di Indonesia dan telah tumbuh menjadi online marketplace terbesar di seluruh Indonesia.

Itulah profil dari Achamd Zaky yang sukses dengan E-commerce BukaLapak nya dan ingin Indonesia mengadakan gerakan perubahan dengan menggali potensi yang ada pada anak muda Indonesia. Bagaimana rakyat Indonesia menghadapi MEA dan perdagangan global saat ini.

Semoga apa yang saya tulis tentang profil wong Sragen yang muda dan sukses ini bisa menginspirasi anak muda dan juga penggiat bisnis yang ingin maju bersama baik dalam segi ekonomi maupun yang lainnya.

Pesan saya sepertiya artikel ini bisa jadi referensi untuk dibaca siswa untuk GLS biar mereka termotivasi dengan kiprah anak muda yang super ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali