Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
RAMADAN BULAN PARENTING

RAMADAN BULAN PARENTING

RAMADAN BULAN PARENTING

Oleh Sri Sugiastuti

Dalam pendidkan Islam yang paling utama kita harus menekankan pendidikan anak pada 8 butir tindakan yang harus lakukan secara istiqomah atau telaten sampai anak dewasa yaitu:

· Menjadikannya dekat dengan Al’Quran (sebagai panutannya)

· Kondisikan anak selalu merasa dalam pengawasan Allah SWT

· Tumbuhkan di hatinya agar cinta Rasul dan keluarganya sebagai panutan hidupnya.

· Kondisikan anak mencintai segala hal yang diridhai Allah, dan benci terhadap yang dimurkai Allah.

· Bekali anak dengan keterampilan memimpin dan berjuang.

· Bekali anak dengan keterampilan hidup.

· Bekali anak dengan keterampilan belajar.

· Bimbing anak agar mampu menguasai sain dan teknologi

Berdasarkan pemahaman itu, maka seharusnya orang tua sangat antusias dan bersemangat dalam mendidik anak-anaknya sesuai tuntunan Islam. Pendidikan terbaik yang kita berikan kepada anak-anak kita sesungguhnya hasilnya akan kembali kepada diri kita sendiri.

Bagaimana kita memperlakukan anak-anak kita, akan seperti itu pula anak-anak akan memperlakukan kita sebagai orang tua mereka.Itulah sebabnya, akan sangat rugi jika seseorang sudah dikaruniai anak, tetapi dia tidak sungguh-sungguh dalam mendidiknya menjadi anak shalih atau mendidiknya tidak benar-benar sesuai tuntunan Islam.

Potensi dan peluang besar untuk mendapatkan anak shalih, yang akan selalu mendoakan kedua orang tua, tersia-sia dan terlewat begitu saja.Tanpa disadari banyak kesalahan orangtua dalam mendidik anak. Agar kita tidak membuat kesalahan dalam mendidik anak sebaiknya kita bisa meneladani sikap Rasulullah SAW dalam mendidik anak.

Rasulullah SAW sangat penyayang terhadap anak-anak, baik itu keturunan beliau sendiri maupun anak orang lain. Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa suatu saat Rasulullah saw mencium Hasan bin Ali dan di dekat beliau ada Al-Aqra’bin Hayis At-Tamimi sedang duduk. Al-Aqra’ kemudian berkata, “Aku memiliki sepuluh orang anak dan tidak pernah aku mencium seorang pun dari mereka.” Rasulullah saw segera memandang kepadanya dan berkata, “Barang siapa yang tidak mengasihi, maka ia tidak akan dikasihi.” (HR. Bukhari) Rasulullah SAW juga mencontohkan bagaimana memperlakukan anak –anak dengan penuh kasih sayang.

Beliau tidak melarang anak-anak dekat dengan beliau bahkan ketika shalat. Beliau bahkan menggendong cucu beliau ketika shalat dan meletakkannya ketika sujud. Beberapa shahabat juga meriwayatkan bagaimana beliau berlaku lemah lembut kepada anak-anak. Karena itu, beberapa sikap dan perbuatan yang bertolak belakang dengan apa-apa yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam mendidik anak, adalah sebuah kejahatan terhadap anak dan merupakan kesalahan fatal yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak-anak.

Kiranya di bulan Ramadan yang penuh berkah ini kita tetap istiqomah mengantarkanbuah hati kita sukses dunia akhirat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat setuju...bunda. Di bulan penuh berkah ini kesempatan orang tua untuk mendidik anak-anak dengan lebih baik lagi. Jazakillah khoir sudah sangat mengingatkan. Salam sehat selalu...barakallah....bunda.

01 Jun
Balas

Alhamdulillah bu Nana ,bagian dari jawaban untukPak Syaihu yang menganalisa bahwa produktifitasmenulis di gurusiana menurun

01 Jun

Subhanallah...parenting luar biasa untuk kita semua. Bulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah, moga kita semua dapat mendidik diri dan keluarga melalui suasana Ramadhan yang pasti lebih tinggi suasana kekeluargaan di rumah. Boleh ngopi ya bu?..

02 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali