Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
SEMANGAT LITERASI DAN BEDAH BUKU

SEMANGAT LITERASI DAN BEDAH BUKU

*Semangat Literasi dan Bedah Buku*

Catatan Ramadhan 24
_Oleh :Sri sugiastuti_

Tanggal 9 Juni 2018 sudah masuk dalam libur bersama hari raya Idul Fitri 1439 H. Tapi untuk kegiatan literasi tidak ada istilah libur. Saya menerima tantangan sebagai pembicara bedah buku mewakili teman-teman yang menulis dalam buku antologi" Ragam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah ". Buku ini yang baru saja di launching Mei 2018. Saya membayangkan pasti ini mengasyikkan dan membahagiakan karena bisa berbagi dengan calon penulis sekaligus juga dengan narasumber lain yang mengisi acara tersebut.

Mengingat lokasi seminar tersebut berada di Museum Sangiran Sragen Jawa Tengah yang berjarak kira-kira 25 km dari tempat tinggal saya, maka saya harus datang lebih awal memprediksi bila terjadi kemacetan. Saya menggunakan jasa grab untuk bisa sampai di sana. Bagi saya berkunjung ke museum Sangiran merupakan napak tilas karena saya terakhir kali ke sana ketika masih kuliah di semester 7 kira-kira 35 tahun yang lalu.

Saya dibuat terkagum-kagum dengan kemegahan museum itu dan juga dilengkapi dengan aula yang nyaman dan representative untuk suatu kegiatan atau seminar dan sejenisnya. walau tidak ada mmt atau tanda-tanda ada kegiatan seminar di situ, alhamdulillah pesertanya cukup banyak. Kalau masalah molornya waktu itu sih sudah biasa.

Acara molor 1 jam dari jadwal yang ada. Setelah acara dibuka saya mendapat kesempatan pertama untuk presentasi bedah buku yang kami susun bersama. Dalam presentasi ini saya hanya memperkenalkan bagaimana buku tersebut bisa terwujud yang ditulis dalam waktu seminggu setelah mengikuti acara TOT.

Jujur saya sampaikan bahwa ketika kami diberi tema tentang karakter, saya sudah punya celengan beberapa yang ada di file saya. Begitu juga dengan teman-teman yang lain sehingga kami tinggal mengedit dan memoles sedikit. setelah itu naskah bisa kami setorkan pada koordinator. Setelah diedit ulang maka naskah tersebut masuk ke percetakan untuk dibuatkan layout cover dan juga mengantrsi untuk mendapatkan ISBN.

Dalam bedah buku tersebut saya mendapat kesempatan untuk menjelaskan isi buku tersebut beserta sinopsisnya. buku ini memang mirip buku gado-gado. karena penulisnya mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. ada guru PKN Bahasa Indonesia bahasa Inggris. ya 7 guru mapel itulah yang membuat naskah buku "Ragam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah". Ada 12 sub judul yang membahas tentang penguatan pendidikan karakter di sekolah.

Dalam naskah ini, saya meyoroti bagaimana membangun karakter anak agar bisa menghargai waktu. Maka tulisan yang saya sajikan adalah yang bertema manajemen waktu. ini merupakan bagian yang terpenting untuk menanamkan karakter anak agar bisa menghargai waktu dan memanfaatkan waktu yang mereka dengan sebaik-baiknya.

Setyo Budi salah satu penulis yang membahas guru sebagai model sekaligus teladan bagi siswa siswanya. Dari mulai sikap sifat dan kinerja guru sebaiknya bisa diteladani atau menjadi panutan oleh para siswanya. dengan mencuplik beberapa riset yang pernah dilakukan oleh lembaga ataupun secara Individual maka seorang guru itu harus memiliki sifat dan sikap yang terpuji.

Sedangkan Titik Maryuni seorang guru SMP dengan mapel bahasa Indonesia menulis dan menyoroti bahwa karakter anak bisa dibentuk dengan pembelajaran sastra. Dalam belajar sastra pada kegiatan menulis dan membaca. melalui kegiatan itulah diharapkan siswa punya keahlian menulis sekaligus bisa menjadi orang yang peka dan lebih bijak ketika berhadapan dengan beraneka ragam manusia dengan segala sifat sifatnya.

Guru PKN SMA Negeri 5 Magelang melihat atau menggunakan dan mengenalkan tentang anti korupsi. ini sangat penting bagi siswa agar kelak dia bukan menjadi salah satu orang yang masuk penjara karena korupsi.

Ismiatun juga sebagai salah satu peserta yang menyumbangkan naskahnya berubah keinginannya atau menerapkan dan memasukkan unsur karakter ketika sedang mengajar. Sesekali siswanya diberikan suatu pilihan dan kedua pilihan tersebut sama-sama baiknya. Salah satu yang di unggulkan adalah ketika ia meminta siswanya siswanya memilih bertanggung jawab atau pintar tentu saja pertanyaan ini mengundang banyak jawaban yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Giliran naskah Bu Purwaningsih yang saya bedah. Ia memulainya dengan keprihatinan yang ada, ketika siswa tidak konsentrasi lagi dalam belajar tetapi sibuk dengan gawai juga tugas-tugas yang harus mereka terlantar.Secara pelan tapi pasti Purwaningsih selalu menyisipkan pendidikan karakter dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Lengkap sudah paparan yang saya sampaikan pada pagi hari ini. Ada perasaan lega karena bisa presentasi dengan baik dan mendapat antusias dari para peserta lainnya.

_Ahay_, ada tali asih yang saya bawa pulang sebagai tanda kebersamaan saya dalam Seminar pagi hari ini. Ada rasa bahagia dan haru karena perhatian panitia kepada saya. Ini merupakan keberkahan di bulan Ramadhan. Alhamdulillah.

Sesi berikut diisi oleh prof Bi. Salah satu rektor PTS keren yang ada di Jawa Tengah. Sebenarnya materi yang diberikan sangat menarik, tapi karena saya ditunggu acara berikut maka tidak bisa sampai paripurna.

Saya bergegas pamitan dan meluncur menuju tempat parkiran mencari grab yang sudah menunggu saya 10 menit yang lalu. Saya harus mengarahkan sopir _grab_ agar tidak terjebak macet. Jalan mulai crowded aroma lebaran sudah sangat terasa terutama macetnya jalan.

Alhamdulillah ada jalan tembus yang bisa menghindari macet sehingga dalam waktu 25 menit saya sudah tiba di rumah. Itupun saya sempat mampir ngeprint undangan dan daftar penerima bingkisan untuk kegiatan saya berikut.

Otak saya kembali berputar untuk menyelesaikan kegiatan berikut yaitu mengantarkan undangan untuk acara bada Ashar. Ada amanah dari keluarga Bapak Jokowi yaitu berbagi bingkisan kepada jamaah masjid al-fath dan sekitarnya.

Ya Allah mudahkanlah semua kegiatan yang akan saya lakukan pada hari ini, dan hanya mengharap ridho-Mu semata.

_Bersambung._

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wow, kerennn bu. Kok tdk ngajak2 yaaaa

11 Jun
Balas

Itu acaranya Bu Nurjanah.mendadak tadinya saya juga ragu.tempatnnya nun jauh disana .itu dia kerja sendiri Bu Yogi juga kaget..jadwal juga berubah, katanya siang eh j

11 Jun

Assalaammu'alaikum, Bun... Akun baru. Yang lama tidak bisa dibuka. Mungkin error..

11 Jun
Balas

Selamat berjumpa lagi. Ayo ditunggu berbagi tulisan

11 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali