Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
SIMATA USEK (CARA MUDAH MEMANTAU KINERJA GURU DAN SEKOLAH)

SIMATA USEK (CARA MUDAH MEMANTAU KINERJA GURU DAN SEKOLAH)

Simata Usek ( Sistem manajemen Tata Usaha Sekolah)

Oleh: Sri Sugiastuti

Kemaren, tepatnya hari Jumat tanggal 2 November 2018 , Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo, mengapresiasikan aplikasi karya Indri Astuti seorang Kasubag Tata Usaha SMAN 1Klaten Jawa Tengah.

Aplikasi yang dibuat untuk mempermudah urusan kepegawaian dan kegiatan guru dan siswa di sekolah. Menurut Gatot aplikasi ini bisa mendorong ASN dan non ASN meningkatkan kinerja nya setiap hari aplikasi ini menjawab tantangan zaman ini tentu saja ini beberapa langkah lebih maju.

Adanya aplikasi ini sekolah dipermudah untuk memantau kinerja guru dan karyawan selama bekerja sehari penuh semua catatan capaian kegiatan hingga foto Pelaksanaan kerja terdokumentasi dengan baik.

Aplikasi ini memiliki 2 fitur yakni penilaian kinerja secara dalam jaringan atau daring dan aplikasi kepegawaian yang menampung data base ASN dan non ASN di lingkungan sekolah. Tentu saja aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan integritas dan layanan prima di Sekolah.

Penggagas simata usek Indri Astuti mengatakan setiap guru wajib mengisi capaian kerja selama sehari di sekolah capaian itu diinput ke dalam aplikasi yang bisa diakses melalui laptop komputer maupun telepon pintar berbasis Android.

Aplikasi ini hanya bisa dibuka melalui jaringan sekolah Pada saat jam kerja dan di hari yang sama artinya tidak ada guru yang kemudian mencicil jurnal kinerjanya di rumah sebelum berangkat atau mengerjakan sesudah pulang sekolah aplikasi ini berisi rangkaian kegiatan yang dilakukan setiap hari.

Untuk bukti fisik guru diminta mengunggah foto suasana kelas atau berfoto bersama siswa, biasanya kebanyakan guru-guru mengunggah pakai HP Android, karena ini lebih praktis.

Pembuatan aplikasi ia dibimbing kepala Balai pengendali pendidikan menengah dan khusus bp2mk wilayah 3 Surakarta Jasman indratno.

Tak hanya itu si mata juga menjadi database aplikasi kepegawaian ASN dan non ASN di SMA N 1 Klaten aplikasi menampung seluruh hasil pemindaian Berkas berkas ijazah hingga sertifikat terbaru guru dan karyawan.

Saat ini proses input file berkas guru dan karyawan terus dilakukan dan target selesai dalam sepekan jadi tidak perlu lagi harus menemui yang bersangkutan satu persatu saat butuh salinan ijazah terakhir untuk urusan kepegawaian misalnya, tinggal Buka database lalu dicetak selesai.

Semoga aplikasi yang baru diluncurkan itu bisa diangkat ke tingkat provinsi supaya bisa dipakai di seluruh sekolah di Jawa Tengah. Tapi tentu butuh diuji dievaluasi dan penyempurnaan penyempurnaan ujar Gatot.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bagus. Bisa diadopsi sekolah lain

08 Nov
Balas

Di SMP Budisatrya Medan, sudah dimulai tahun ajaran baru kemarin, bunda. Bukan hanya untuk Guru dan tata usaha, tapi juga mengenai siswa juga. Orang tua setiap hari bisa mengetahui kehadiran anaknya melaui situs sekolah, juga tugas-tugas yang dikerjakan anaknya,uang sekolah dibayarkan atau tidak dan nilai-nilai tugas serta ulangan anak-anak. Alhamdulillah, IT sangat membantu dalam pelaksanaan tugas sekolah. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

07 Nov
Balas

Wah hebat ya, semoga kecanggihan IT banyak membawa manfaat untuk dunia pendidikan. Terima kasih sudah melengkapi..

07 Nov

keren menewween Bunda

07 Nov
Balas

Smoga sukses bund

07 Nov
Balas

Aamiin YRA. Mau disosialisasikan di Jawa Tengah

07 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali