Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
SINOPSIS BUKU  MASUK SURGA KARENA ANAK

SINOPSIS BUKU MASUK SURGA KARENA ANAK

Sinopsis Buku “ Masuk Surga Karena Anak” ( Tips Parenting Islami )

Mendidik anak bukan persoalan yang mudah. Di era globalisasi, kecanggihan teknologi, persaingan hidup yang semakin berat, carut marutnya pemerintah dalam mengambil kebijakan dalam banyak hal, sangat mempengaruhi warna generasi penerusnya. Mudahnya mengakses hal yang baik dan buruk juga ikut andil membentuk mental dan karakter anak.

Peran orangtua, pendidik dan pemerhati dunia anak, dan pendidikan menjadi garda terdepan unuk menyelamatkan generasi penerus . Semua orang sadar bahwa anak adalah asset di masa depan. Kesadaran ini harus diimbangi dengan diaplikasikan dalam bentuk tindakan. Bagaimana orang yang paling bertanggungjawab terhadap amanah Allah ini, mendidik, membimbing, mengarahkan dan membekali life skill agar mereka sukses menggapai kebahagiaan dunia dan akherat.

Dalam Buku ini akan dibahas bagaimana sebaiknya orangtua, pendidik dan siapapun yang peduli dengan masa depan anak harus berbuat atau melakukan sesuatu sebagai upaya mencetak generasi yang cerdas secara intelegensi, emosional, spiritual dan berakhlak mulia.

Anak dengan segala keunikannya harus dibekali dengan modal yang tepat . Mereka sangat membutuhkan keteladanan, ketelatenan, kasih sayang, perhatian, pujian, dan terus didorong semangatnya sesuai dengan perkembangannya dari mulai dalam kandungan hingga tumbuh dewasa. Anak harus terus dipacu agar bisa berprestasi dan menggali seluruh kecerdasan yang mereka miliki dan akhirnya menghasilkan prestasi yang gemilang. Untuk itu perlu pendekatan yang tepat sesuai dengan kapasitasnya sebagai seorang anak dengan kelebihan dan kekurangannya.

Teori pendidikan, teori kecerdasan, contoh orangtua yang berhasil dalam mendidik anak, kegagalan yang sering dialami orangtua dalam mendidik anak, dan pengaruh motivasi untuk kesuksesan anak juga dikupas tuntas dalam buku ini. Yang menjadi masalah adalah ketelatenan dan keistiqomahan kita dalam menerapkan pendidikan dalam rumah. Dan juga kominten kita dengan pasangan dalam menerapkan aturan yang tepat untuk kehidupan anak.

Dalam mendidik anak, orang tua harus memiliki konsep yang jelas. Sehingga anak ketika tumbuh menjadi remaja dan akhirnya dewasa, sudah paham benar dengan apa yang seharusnya menjadi hak dan kewajibannya.

Islam dengan petunjuknya yang ada di dalam Al’quran dan As Sunnah begitu sempurna memberikan rambu-rambu dan petunjuk, bagaimana kita selaku orangtua bisa mengambil contoh dan cara yang sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW ketika mendidik anak dan cucunya.

Berbagai masalah yang sering dihadapi orangtua dalam meluruskan tingkah laku anak remaja sangat memerlukan contoh kongret dalam penanganannya. Contoh kasus dan upaya yang harus dilakukan orangtua dalam memilih solusi yang tepat juga dikupas dalam buku ini.

Semoga buku ini bisa dijadikan panduan, rujukan, atau wacana yang menginspirasi para orang tua, pendidik dan pemerhati anak yang haus akan bacaan tentang parenting yang sukses.

Kata Pengantar

Daftar Isi

Bab 1. Benarkah Anak Aset Masa Depan?

A. Mengoptimalkan Pendidikan Anak Dengan Panduan Al Quran Dan As Sunnah

B. Delapan Tindakan Yang Harus Dilakukan Orangtua Secara Istiqomah

C. Hindari Kesalahan Dalam MendidimAnak

Bab 2. Benarkah Kecerdasan Anak itu Hanya dari Keturunan atau Perlu Ketelatenan?

A. Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

B. Orang tua Wajib Memberi Solusi Ketika Anak Bermasalah

C. Ajari Anak Agar Bertanggungjawab

Bab 3. Benarkah Mendidik Anak Seperti Melukis di Atas Kanvas?

A. Anak Merupakan Amanah Allah SWT

B. Orang tua Harus Belajar Dan Terus Belajar

C. Magic Word

D. Bagaimana Membuat Anak Nyaman?

Bab 5. Bagaimana Konsep Mendidik di Masa Kanak-kanak yang Islami?

A. Mengenalkan anak kepada Allah SWT

B. Menanamkan cinta kepada Nabi Muhammmad SAW

C. Mendidik anak agar taat kepada orangtua

D. Orangtua harus menghormati anak

E. Orangtua harus bisa membedakan antara sikap lembut dan sikap keras

F. Orangtua harus bersikap adil terhadap semua anak

G. Orangtua harus bisa memberi kebebasan bermain pada anak

H. Orangtua harus mengajarkan masalah seksual dengan tepat

I. Orangtua harus bisa mengembangkan emosi anak

Bab 6. Benarkah Perlakuan Orangtua Berdampak Pada Kepribadian Anak?

A. Pola Pengasuhan Yang Positif

B. Perlakuan Orang tua Yang Berdampak Pada Kepribadian Anak

C. Orangtua yang otoriterkah Anda?

D. Apa saja Indikator dari orangtua yang otoriter?

E. Seperti apakah pola asuh otoriter itu?

Bab 7. Apa Saja Kiat Jitu Mendidik Menuju Kesuksesan Anak?

A. Kiat mendidik Ala Nabi Muhammmad SAW

B. Kiat ala barat keluarga Carmila dan Vincent

C. Kiat Ala Dr Andriana S Ginanjar yang menggunakan positif parenting

D. Kiat ala Dr. Jusni Ichsan Solichin, Sp.KJ

E. Kiat ala tradisional yang sudah terbukti hasilnya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah...bunda, komplit banget. Buku ini layak dimiliki oleh tiap orang yang menginginkan "keberhasilan" anak-anaknya. Siapa yang tidak ingin anaknya berhasil? Tentunya tidak ada. Maka, tiap orang wajib memiliki buku ini. Salam sehat dan sukses selalu, bunda. Barakallah.

21 May
Balas

Aamiin YRA Jazakillah khasiran Bu Nans

22 May

Subhanallah. Sukses selalu untuk ibu Sri Sugiastuti

22 May
Balas

Alhamdulillah,sudah sampai Ambarawa kah? selamatmembaca semogamenginspirasi

22 May

Alhamdulillah telah datang buku yang penuh makna dan gizi, untuk menghantarkan orang tua dan anak-anaknya menuju surga Allah

22 May
Balas

Aamiin YRA

25 May

alhamdulillah ada buku yang oke . sukses

28 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali