Sri Sugiastuti

Mendidik dengan hati, berdakwah lewat tulisan, membaca dengan kaca mata 5 dimensi,selalu ingin berbagi dan menjaga silahturahmi. Tulisan adalah warisan yang ber...

Selengkapnya
TUMBUHKAN RASA KASIH SAYANG DI HATI ANAK

TUMBUHKAN RASA KASIH SAYANG DI HATI ANAK

" Oh Tuhan kucinta dia, sayang dia, rindu dia..."

Wujudkan.. rasa cinta di hatiku,,,,

Untuk dia...

Sepenggal bait itu jadi bagian dari cara kita menunjukkan kasih sayang pada mereka. Ya. Tunjukkan rasa cinta dan kasih sayang anda sebagai orangtua dengan memberi makanan yang sehat. Ingat bahwa cinta dan arahan yang anda berikan pada anak akan menghasilkan kekuatan dalam diri anak dan rasa percaya diri yang menuntun pada sikap menjadi bintang besar yang membanggakan keluarga.

Anak perlu diberikan pengertian bahwa rasa kasih sayang dan saling mencintai dalam keluarga bila satu dan yang lainnya peduli, rukun dan selalu saling mengingatkan juga menguatkan. Menjadi keluarga yang solid dan saling bahu membahu,adanya kehangatan dalam keluarga, akan membuat anak nyaman dan betah di rumah. Komunikasi jadi lancar, sehingga orangtuanya paham benar akan kondisi anaknya .

Menunjukkan rasa kasih sayang tidak berarti menuruti semua kemauan anak, atau membelikan makanan kesukaannya secara berlebihan. Yang harus dilakukan orang tua adalah perhatian dan kasih sayang yang pas. Sesuai dengan yang mereka butuhkan. Karena segala sesuatu yang berlebihan bisa berakibat fatal.

Memberi pengertian tentang kasih sayang bisa diwujudkan dengan mengajaknya bermain, membelikan sesuatu yang diinginkan sepanjang apa yang diinginkan si anak itu memang diperlukan. Ketika si anak mendapat perlakuan sayang dan perhatian seperti belaian, pelukan, tutur kata yang manis akan membuat anak merasa betapa berartinya ia di dalam sebuah keuarga.

Mengajak anak sesekali berkunjung ke panti asuhan, atau ke rumah family yang keadaan ekonomi kurang beruntung lalu diberi pengertian indahnya berbagi. Kegiatan ini akan membuka mata dan hati anak tentang rasa saling menyayangi dan juga merasa bersyukur bahwa ia masih lebih beruntung dari mereka.

Kasih sayang di dalam keluarga juga harus ditunjukkan pada anak.Katakan bahwa bertengkar, iri dan saling menyakiti itu tidak baik. Berbicaralah dengan lembut jangan memaksakan kehendak, apalagi berbuat curang baik terhadap saudara sendiri maupun terhadap orang lain.

Kasih sayang harus ditanamkan pada anak dengan memberi contoh dan tindakan nyata. Bagaimana orang tua memperlakukan sanak saudara, binatang, tanaman, sebagai makhluk ciptaan Allah yang harus diperhatikan dengan penuh kasih sayang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ini salah satu doa saya bunda...Agar ank2 punya rasa saling menyayangi antarsesama apalagi bersaudara....

05 Apr
Balas

Iya Bu, Buku parenting saya dengan judul " The power of Mother's Prayer sedang naik cetak

05 Apr

Ditunggu ya Bunda...buku parentingnya. Baarakallah.

05 Apr
Balas

insyaallah benar lagi proses lahirannya ceprot ISBN sudah keluar

06 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali